Lima Model Kekuatan
1.
Pendatang Baru
Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia perdagangan
terdapat pendatang baru. Baik yang secara langsung dapat mengancam perusahaan
maupun tidak. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat bertahan ditengah-tengah
maraknya pendatang baru. Beberapa hal dapat dilakukan perusahaan seperti
mempertahankan keunggulan kompetitif, meningkatkan kreativitas, dan selalu
berinovasi dengan tujuan dapat bertahan bahkan meningkatkan profitabilitas
perusahaan. Dengan adanya pendatang baru, seharusnya perusahaan lebih terpacu
untuk meningkatkan pelayanannya.
2.
Pembeli
Pembeli adalah target perusahaan dalam penjualan.
Keinginan pembelilah yang menjadi tantangan bagi perusahaan. Tetapi pembeli
akan selalu berusaha mendapatkan produk berkualitas baik dengan harga yang
murah. Hal ini merupakan faktor yang cukup menentukan bagi perusahaan. Tidak dapat
dianggap mudah, oleh sebab itu perusahaan memerlukan strategi yang matang untuk
menghadapi permasalahan tersebut. Sehingga tidak akan ada pihak yang dirugikan
baik bagi perusahaan maupun pembeli.
3.
Pengganti
Pengganti memiliki fungsi yang sama dan mudah diganti antara
satu sama lain yang dalam penggunaannya untuk mendapat kepuasan yang hampir
sama. Agar produk perusahaan kita tidak dapat digantikan oleh produk perusahaan
lain, kita harus terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan keinginan
pelanggang. Kita juga dapat melakukan promosi-promosi maupun diskon yang
bertujuan meningkatkan daya tarik pembeli.
4.
Pemasok
Pemasok adalah pihak
yang terkait langsung dengan organisasi karena kebutuhan untuk memenuhi bahan
baku (mentah), bahan pembantu, pelayanan, dan peralatan yang digunakan untuk
memproduksi keluaran (output).
Pemasok juga dapat
menjadi ancaman bagi perusahaan, karena apabila pemasok menaikkan harga produk
yang dijual maka harga pokok perusahaan juga akan naik yang berakibat harga
jual produk pun naik. Jika harga jual produk naik, maka permintaan akan turun. Hal
tersebut sudah jelas sesuai dengan hukum permintaan.
Comments
Post a Comment