Lima Model Kekuatan


1.        Pendatang Baru
Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam dunia perdagangan terdapat pendatang baru. Baik yang secara langsung dapat mengancam perusahaan maupun tidak. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat bertahan ditengah-tengah maraknya pendatang baru. Beberapa hal dapat dilakukan perusahaan seperti mempertahankan keunggulan kompetitif, meningkatkan kreativitas, dan selalu berinovasi dengan tujuan dapat bertahan bahkan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Dengan adanya pendatang baru, seharusnya perusahaan lebih terpacu untuk meningkatkan pelayanannya.
2.        Pembeli
Pembeli adalah target perusahaan dalam penjualan. Keinginan pembelilah yang menjadi tantangan bagi perusahaan. Tetapi pembeli akan selalu berusaha mendapatkan produk berkualitas baik dengan harga yang murah. Hal ini merupakan faktor yang cukup menentukan bagi perusahaan. Tidak dapat dianggap mudah, oleh sebab itu perusahaan memerlukan strategi yang matang untuk menghadapi permasalahan tersebut. Sehingga tidak akan ada pihak yang dirugikan baik bagi perusahaan maupun pembeli.
3.        Pengganti
Pengganti memiliki fungsi yang sama dan mudah diganti antara satu sama lain yang dalam penggunaannya untuk mendapat kepuasan yang hampir sama. Agar produk perusahaan kita tidak dapat digantikan oleh produk perusahaan lain, kita harus terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan keinginan pelanggang. Kita juga dapat melakukan promosi-promosi maupun diskon yang bertujuan meningkatkan daya tarik pembeli.
4.        Pemasok
Pemasok adalah pihak yang terkait langsung dengan organisasi karena kebutuhan untuk memenuhi bahan baku (mentah), bahan pembantu, pelayanan, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi keluaran (output).

Pemasok juga dapat menjadi ancaman bagi perusahaan, karena apabila pemasok menaikkan harga produk yang dijual maka harga pokok perusahaan juga akan naik yang berakibat harga jual produk pun naik. Jika harga jual produk naik, maka permintaan akan turun. Hal tersebut sudah jelas sesuai dengan hukum permintaan.

Comments